Selasa, 05 Januari 2016

Pengantar Administrasi Perkantoran


A. Deskripsi Administrasi Perkantoran
    
     Kegiatan administrasi tidak hanya sekedar tulis menenulis, masih banyak kegitan yang dilakukan dalam administrasi dan masih banyak teori di dalam kegiatan Administrasi. Banyak pertanyaan, apakah yang dimaksud Administrasi dan Administrasi Perkantoran?

     1. Definisi Administrasi
         Secara Etimologis, administrasi berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata Ada yang berarti intensif dan ministraire yang berarti to serve (melayani). Kata administrasi juga berasal dari Belanda, yaitu administratie yang meliputi kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagai yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work).
Dengan demikian Pengertian Administrasi dapat dikelompokan dalam dua kategori yaitu:

         a. Pengertian administrasi dalam arti sempit
             Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. administrasi dalam arti sempit inilah yang sebenarnya lebih tepat disebut tata usaha (clerical work/office work). seluruh kegiatan ketatausahaan dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu Korespondensi, ekspedisi, dan pengarsipan.

         b. Pengertian administrasi dalam arti luas
             Administrasi dalam arti luas adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam stuktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

     2. Definisi Administrasi Perkantoran
        Administrasi perkantoran ditinjau dari sudut ilmu berinduk pada administrasi. Definisi administrasi perkantoran ialah usaha penyelenggaraan perkantoran guna membantu pucuk pimpinan organisasi dalam pengambilan keputusan dan pencapaian tujuan organisasi. Administrasi perkantoran meliputi kegiatan pelayanan keamanan, kebersihan dan keindahan, pelayanan tamu, pelayanan telepon, pelayanan kepegawaian, pelayanan keuangan, pelayanan umum, serta pelayanan surat-menyurat dan ekspedisi.

     3. Pentingnya Administrasi Perkantoran
         Dalam sebuah organisasi, lembaga, dan perusahaan sangat membutuhkan yang namanya Administrasi Perkantoran. Karena, agar setiap organisasi dalam melakukan pekerjaan nya dengan baik dan berjalan dengan efektif dan efisien. Jika organisasi sudah bisa seperti itu barulah suatu organisasi dapat mengalami kemajuan dalam bidang keuntungan perusahaan. Dan pentingnya administrasi perkantoran adalah salah satu yang sangat pentinng dalam mencapai tujuan organisasi. 
 
      4. Tujuan Administrasi Perkantoran
           Seperti yang telah dikatakan diatas, tujuan administrasi perkantoran adalah untuk melancarkan kegiatan-kegiatan yang terdapat disuatu organisasi agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. suatu organisasi dapat dikatakan sudah benar-benar mencapai tujuan nya harus memenuhi dua syarat yaitu:
           
           a. Organisasi itu Harus Efisien   
                Sehingga dalam organisasi harus memiliki struktur atau susunan yang logis, sehingga segenap satuan didalamnya dapat mencapai perbandingan yang terbaik setara dengan hasil kerjanya.

           b. Organisasi itu Harus Sehat  
                Jadi setiap organisasi harus mempunyai bentuk yang teratur dimana masing-masing pekerja serta pejabat  yang tugas dan wewenangnya merupa kan satuan-satuan tertentu dalam lingkungan keseluruhan organisasi dapat menjalankan peranan nya tanpa kesimpangsiuran.
  
       5. Unsur-unsur Administrasi Perkantoran
      Menurut The Liang Gie dalam buku “Adminitrasi Perkantoran Modern” terdiri dari delapan unsur:
        

         1. Pengorganisasian
                 Yaitu proses untuk menyatukan beberapa individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

         2. Manajemen
                 Yaitu suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan   pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan secara efesien dan efektif.

         3. Tata hubungan
                 Yaitu sistem / kerangka dalam organisasi melalui pembagian kewenangan dan tanggung jawab individu di                        organisasi dan bagaimana individu saling bekomunikasi satu dengan yang lainnya.

        4. Kepegawaian
            Yang berkaitan dengan ketenagakerjaan di dalam sebuah organisasi.

        5. Keuangan
            Yaitu berkaitan dengan pengelolaan keuangan dalam organisasi.

        6. Perbekalan
            Yaitu berhubungan dengan penyediaan barang kebutuhan.

        7. Tata usaha
           Yaitu penyelenggaraan yang tidak lepas dari kegiatan tulis menulis.

        8. Perwakilan
           Yaitu seseorang atau kelompok yg mempunyai kemampuan atau kewajiban bicara dan bertindak                 atas nama kelompok yg lebih besar.

      6. Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran
         
         1.Kegiatan Kantor
            a.Perencanaan perkantoran (office planning )
          1)Perencanaan gedung
             2)Tata ruang kantor
          3)Penerangan/cahaya
          4)Ventilasi
          5)Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor
          6)Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
          7)Anggaran (budgeting) perkantoran
          8)Standar kualitas kerja
          9)Sistem informasi dan telekomunikasi

           b. Pengorganisasian perkantoran (office organizing )
         1)Pembagian tugas dan pekerjaan agar lebih efisien dalam organisasi/perusahaan
         2)Pemeliharaan hubungan kerja yang baik dengan atasan ataupun bawahan
         3)Penyediaan peralatan/perlengkapan yang tepat, sesuai dengan jenis pekerjaan

          c. Pengarahan perkantoran (office actuating )
             1)Penggunaan teknik yang efektif dalam melakukan pengawasan terhadap bawahan
             2)Penggunaan teknik yang efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan
             3)Pemberian bantuan kepada karyawan dalam memecahkan masalah
             4)Penyatuan visi, misi karyawan dan organisasi
             5)Perancangan cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, agar komunikasi berjalan lancar
             6)Penggunaan tolak ukur yang adil dalam memberikan gaji kepada karyawan

          d. Pengawasan perkantoran (office controlling )
              1)Penggunaan peralatan dan perabot kantor
              2)Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
              3)Kualitas pekerjaan kantor
             4)Pelayanan kantor
                  5)Waktu
                  6)Biaya perkantoran 

        2. Sarana dan Fasilitas Kerja Perkantoran

            a.Lokasi kantor
               Faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi kantor:
              1)Faktor keamanan
              2)Faktor lingkungan
              3)Faktor harga

           b.Gedung
              Faktor yang perlu diperhatikan:
              1)Menjamin keamanan dan kesehatan karyawan
                   2)Memiliki fasilitas yang memadai
              3)Harga gedung yang kompetitif (seimbang dengan biaya dan keuntungan)

           c. Peralatan
              1)Perabotan kantor (office furniture): meja, kursi, rak, laci-laci, dll
              2)Perbekalan kantor (office supplies): kertas, pena, tinta printer, penghapus

           d .Interior
               Adalah tatanan perabot/perangkat kantor yang menunjang pelaksanaan kerja dalam            ruang kantor, seperti penerangan, ventilasi, plafon, jendela, dan hiasan kantor

         e .Mesin-mesin kantor
             Disesuaikan dengan prosedur kerja, metode kerja dan kebutuhan kantor 

       7. Asas-asas manajemen perkantoran
           a. Asas Desentralisasi 
           b. Asas Dekonsentralisasi
           c. Asas Sentralisasi 
  
B. Pekerjaan Kantor dalam Organisasi
     
     1. Pengertian Bekerja
          Bekerja adalah melaksanakan suatu kegiatan untuk mencapai suatu tujuan yang ditentukan sebelumnya. Adapun, prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain, sehingga menujukan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian suatu bidang tugas.

    2. Jenis-jenis pekerjaan kantor
         a. Mengumpulkan/menghimpun
         b. Mencatat
         c. Mengolah
         d. Menggandakan
         e. Menyimpan
         f. Pengelompokan pekerjaan kantor

    3. Peranan pekerjaan kantor
         a. Melayani pekerjaan operasional, guna membantu melaksanakan pekerjaan induk untuk      mencapai  tujuan organisasi.
         b. Menyediakan keterangan bagi pimpinan organisasi untuk menetapkan keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.
         c. Membantu melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan. 

    4. Ciri-ciri pekerjaan kantor
         a. Bersifat Pelayanan
         b. Merembes ke segenap bagian organisasi
         c. Dilakukan semua pihak

    5. Perincian pekerjaan kantor
         Pekerjaan kantor meliputi 5 jenis kegiatan pokok yaitu, menghimpun, mengolah, mencatat, menggandakan dan menyimpan.

C. Sarana dan Prasarana adminnistrasi perkantoran
      
     1. Definisi Sarana dan Prasarana kantor
          Sarana adalah barang atau benda bergerak yang dapat di pakai sebagai alat dalam pelaksanaan tugas fungsi unit kerja. Sedangkan prasarana adalah barang atau benda yang tidak bergerak yang dapat menunjang atau mendukung pelaksanaan fungsi unit kerja.
     2. Macam- macan sarana kantor
          A. Peralatan kantor yaitu:
               1. Perabot kantor
                    a. Meja
                    b. Kursi
                    c. Lemari
               2. Mesin kantor
                    Pada umumnya mesin-mesin kantor yang banyak  diperlukan dan dipergunakan dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas-tugas perkantoran adalah:
                    a. Komputer
                    b. Mesin tik manual & Mesin tik elektronik
                    c. Mesin Fotocopy
                    d. Faksimile
                    e. Mesin penghancur kertas
                    f. Printer
                    g. Mesin stensil
                    h. OHP
                    i. Proyektor LCD

      3. Tata ruang kantor
           Pada dasarnya, dikenal adanya 4 macam tata ruang kantor, yaitu:
           a. Tata  ruang kantor berkamar
           b. Tata ruang kantor terbuka
           c. Tata ruang kantor berhias/berparonama
           d. Tata ruang kantor gabungan dari tiga diatas.

D. Personel Administrasi Perkantoran
      Personel kantor adalah orang-orang yang menjalankan pekerjaan kantor.
      1. Syarat-syarat personil kantor
          a. Syarat Pengetahuan
          b. Syarat Keterampilan
          c. Syarat Kepribadian

     2. Ruang lingkup tugas personil kantor
          Tugas seorang personel kantor dapat dikelompokan menjadi tujuh macam, sebagai berikut:
          a. Tugas rutin
          b. Tugas khusus
          c. Tugas istimewa
          d. Tugas resepsionis
          e. Tugas keuangan
          f. Tugas sosial
          g. Tugas insidental



"Demikian pembahasan tentang ADMINISTRASI PERKANTORAN, Mohon maaf bila ada salah menulisan kata-kata. Terima kasih sudah membaca"
     
     


 -Rachel Rosari Yuki-


 





       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar